Pemograman Object Oriented Pada Java
Object Oriented Programming (OOP) merupakan paradigma pemrograman yang menggunakan objek-objek yang saling berinteraksi untuk membentuk suatu aplikasi.
Contoh : Jika suatu aplikasi berbentuk sistem window maka objek-objek yang relevan adalah scroll bars, button, dialog boxes, window dan lain-lain.
Object Oriented Programming (OOP) adalah konsep pemrograman yang difokuskan pada penciptaan kelas yang merupakan abstraksi / blueprint / prototype dari suatu object.
Kelas tersebut harus mengandung sifat (data) dan tingkah laku (Method) umum yang dimiliki oleh objek-objek yang kelak akan dibuat (diinstansiasi). Data dan method merupakan Anggota(member) dari suatu kelas.
Class & Object
Objek adalah kesatuan entitas(benda), baik berwujud nyata ataupun hanya suatu sistem atau konsep yang memiliki sifat karakteristik dan fungsi
Contoh : Pena, mobil, kue, kucing termasuk pada benda nyata
Sistem antrian tiket bioskop, penyimpanan uang di bank termasuk pada sistem atau konsep(Tidak nyata).
Dalam Objek Oriented Programming Objek merupakan instans (perwujudan) dari kelas.
Objek adalah unit terkecil pemrograman yang masih memiliki data (sifat karakteristik) dan fungsi/Method.
Contoh: Tombol/Button
- Memiliki data (sifat karakteristik/properties) nama, lebar, tinggi.
- Memilikifungsi(Method) ketikadi klik mengerjakan suatu perintah tertentu.
Class adalah wadah yang berisi abstraksi (pemodelan) dari suatu objek, yang mendeskripsikan sifat karakteristik(data) dan tingkah laku (Method) yang dimiliki oleh objek tersebut.
Hubungan Antara kelas dan Objek dapat diilustrasikan sebagai resep kue dengan kuenya. Dimana resep kue adalah kelas dan kuenya adalah objek.
Dalam resep disebutkan Bahan-bahan yang diperlukan serta fungsi-fungsi bagaimana cara mengolah bahan.
Dalam OOP, Anda tidak hanya menggunakan resep kue yang sudah ada tetapi dapat menciptakan resep-resep kue yang baru sesuai selera. Oleh sebab itu yang menjadi fokus dalam OOP adalah bagaimana menciptakan dan mendefinisikan kelas yang kelak menjadi wadah untuk membuat objek.
Contoh Program Menciptakan Objeck
import javax.swing.*;
public class Menyapa { // Kelas Menyapa yang akan dijadikan Objek
private String nama="Yuzkin";
public String nama2="Salsabila";
protected String nama3="Eza";
public void Hallo() {
String nama=JOptionPane.showInputDialog(“Hallo \n Masukan Nama");
System.out.println("Hallo..."+nama);
}
public void hai(){
String nama=JOptionPane.showInputDialog(“Hai \n Masukan Nama");
System.out.println("Hai...."+nama);
}
public void hey(){
System.out.println("Hey..."+nama);
}
}
Fungsi utama untuk menjalankan program
public class TestMenyapa {
public static void main(String[] args) {
// Menciptakan Objek dari kelas Menyapa
Menyapa panggil= new Menyapa();
panggil.hai();
panggil.Hallo();
panggil.hey();
//System.out.println("Apa kabar "+panggil.nama);
System.out.println("Apa kabar "+panggil.nama2);
System.out.println("Apa kabar "+panggil.nama3);
}
}
10 komentar:
alus ey med,sok nu urng nu urng oge d edit dei
kalem,, ke ngulik bareng nang...
lumayan lah gampang gampang hese...
wkwkwkw
hahahha
bner med,ke urng d ulik breng
teu kuatt,, kalah comment comment nan kieu...
wkwkwkw..
maneh eta keur ngulik oge nya.
hahahah
urng ker bercinta hla jng tante" med?
hahahahahaha
te kuat aslina
ahhaaaaaaaaahah
teu kuat jeung tante tante... wkwkwkw..
si siluman rek dikumahakeun atuh??
Selingkuh wae atuh maneh mah... ahahhaa...
hahahhaha
alus sia med tante na,urng jwa timur
hyu we aing bercinta d chat?
hahahahahahaha
ah ges bsen siluman mah,,,,,,,,,,,
haaaaaaaaaaaaa
Tunduuhh ahhh...
Sare... wkwkwkwk
hahahha
nya sok sre med,,,,
metd bhu",,,sweat dream,,
tong hlap mmpiin aa jawa
hahahahahhahhhaha
te kuattttt
geulehh kituu najisss....
hahahaha....
Posting Komentar